Monday, May 24, 2010

Sejam Olahraga Ringan Jauhkan Remaja dari Kegemukan

Monday, May 24, 2010

CHICAGO - Para remaja, bergeraklah agar terhindar dari obesitas. Penelitian baru yang dilakukan  Karolinska Institute di Swedia menyebut, satu jam olahraga ringan mampu memblok gen yang berkaitan dengan obesitas, atau dikenal dengan nama "fatso".
Bagaimana kalau tak sempat olahraga? Jonatan Ruiz yang memimpin penelitian menyebut, "Bergeraklah. Aktivitas tubuh serupa olahraga juga cukup," ujarnya.

Penelitian yang dilakukan tahun lalu itu baru-baru ini dirilis di jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine. penelitian ini memperkuat penelitian sebelumnya yang dilakukan tim ahli dari Amerika Serikat, yang merekomendasikan para remaja untuk melakukan aktivitas aerobik seperti berlari, melompat, berenang, menari, atau bersepeda sekali selama sehari untuk menghindari kegemukan.

Para ilmuwan menemukan bukti bahwa baik gaya hidup dan gen menyebabkan kegemukan dan mereka baru belajar berapa banyak diet dan olahraga dapat mengurangi risiko itu. Satu gen yang terlibat dengan obesitas, gen FTO, muncul dalam bentuk varian. Orang dewasa yang membawa dua salinan varian gen - satu dari 6 orang - berat badan mereka lebih tinggi 6 pound dari mereka yang tak membawa sifat gen itu.

Dalam studi baru, 752 remaja, yang telah darah mereka diuji untuk varian gen, memakai alat monitor untuk seminggu sejak mereka terjaga untuk mengukur aktivitas fisik mereka. Penelitian dilakukan terhadap para remaja yang tinggal di Yunani, Jerman, Belgia, Perancis, Hungaria, Italia, Swedia, Austria dan Spanyol. Penelitian ini didanai oleh pemerintah Spanyol dan Swedia dan Uni Eropa. tudi baru menemukan bahwa sebagian besar remaja memiliki paling sedikit satu salinan varian gen. Hanya 37 persen memiliki gen reguler. Sisanya memiliki salah satu dari dua salinan gen fatso.

Sebuah studi sebelumnya pada orang dewasa Amish di Lancaster County, menemukan mereka membutuhkan tiga sampai empat jam aktivitas moderat setiap hari untuk mengalahkan gen ini. Orang dewasa dalam penelitian ini melakukan hal-hal seperti jalan cepat, membersihkan rumah, dan berkebun. Para remaja dalam penelitian baru mungkin telah melakukan lebih keras daripada orang dewasa Amish, kata Ruiz.

Penulis utama studi Amish, Evadnie Rampersaud dari University of Miami, mengatakan temuan baru adalah "sangat menarik" karena mereka menyarankan satu jam latihan sudah cukup untuk remaja beresiko.

"Pesan ini sangat jelas, gen bukan takdir," kata Dr Alan Shuldiner dari University of Maryland, rekan penulis studi Amish. "Mereka yang memiliki gen kerentanan terhadap a obesitas harus termotivasi untuk terlibat dalam gaya hidup aktif secara fisik."
Sumber: Republika



Artikel Terkait:

 

Title

About Me

My photo
My Hobby are browsing internet, learn, and listening the music's
free counters

BLOG ARTIKEL DAN HUMOR is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone