Monday, May 24, 2010

Pengidap DM Perlu Senam Kaki

Monday, May 24, 2010

BANDA ACEH - Pengidap Diabetes Melitus (DM) perlu melakukan pemeriksaan kaki dan senam kaki sebagai upaya pencegahan serta perawatan sebelum timbulnya luka. 

"Kaki penderita diabetik perlu perawatan sebagai upaya pencegahan primer," kata Nuraini,  dari Poliklinik Endokrin Badan Pelayanan Kesehatan (BPK) Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, malam ini. 
Diabetes Melitus adalah penyakit yang ditandai dengan hiperglisemia (peningkatan kadar gula darah) yang terus-menerus dan bervariasi, terutama setelah makan. Pembentukan diabetes yang utama adalah karena kurangnya produksi insulin. 

Menurutnya, penderita DM perlu melakukan pemeriksaan kaki secara berkala sebagai upaya pencegahan primer karena penderita rentan terhadap luka dan sulit sembuh. 

Ditambahkan, komplikasi kaki diabetik beresiko amputasi, cacat hingga meninggal dunia sebab problematika kaki diabetik yaitu keterlambatan penanganan sebab ketidaktahuan, ketakutan, tidak peduli, kelalaian, menganggap sepele, keterbatasan dan kepercayaan. 

Upaya pencegahan yang dilakukan adalah deteksi dini dan indentifikasi faktor-faktor resiko. 

Hal yang harus dilakukan bagi penderita yaitu memakai alas kaki yang lembut dan menyerap keringat, segera periksa luka sekecil apapun pada dokter serta senam kaki secara teratur setiap hari. 

Gerakan senam kaki bertujuan membantu memperlancar peredaran darah pada kaki, memperkuat otot-otot kecil kaki, otot betis dan paha serta membantu mengatasi kekakuan sendi. (Waspada)



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

 

Title

About Me

My photo
My Hobby are browsing internet, learn, and listening the music's
free counters

BLOG ARTIKEL DAN HUMOR is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone