Sunday, October 17, 2010

Tips Perawatan Mesin Motor

Sunday, October 17, 2010

Ada 2 hal utama yang perlu diperhatikan dalam perawatan terhadap mesin motor, yaitu :
 
1. Bahan bakar. 
a. Belilah bahan bakar untuk motor anda di SPBU resmi. 
b. Bensin Oplosan biasanya sudah turun nilai oktannya karena telah dicampur dengan unsur lain (biasanya minyak tanah). Kalau nilai oktan sudah turun mengakibatkan pembakaran jadi tidak sempurna dan meninggalkan kerak di kepala silinder dari mesin motor/ mobil anda. Apabila telah terbentuk kerak maka akan menyebabkan mesin anda menurun performanya. Kalau dipakai terus menerus biasanya mesin akan menggelitik dan bergetar. 

Tips Bahan Bakar yang baik:
-----   JANGAN BELI BAHAN BAKAR / BENSIN OPLOSAN   ----- 

2. Oli
a. Oli merupakan komponen terpenting ke-dua dalam hal perawatan mesin motor. 
b. Fungsi oli adalah sebagai cleaning, cooling, cushioning, and lubrication. 
c. Rekomendasi dari pabrik untuk penggantian oli mesin adalah sekitar 2000 km s/d 2500 km (besaran bervariasi tergantung merk motor). 
d. Dalam pelaksanaaannya, penggantian oli mesin dapat ditentukan berdasarkan kondisi perjalanan yang dilakukan motor itu sendiri, misalnya wilayah kemacetan, jarak jauh maupun hal lainnya. Pada saat macet, mesin motor tetap berputar, dan oli pun kerjanya makin berat.
e. Apabila motor  jarang digunakan, maka disarankan untuk mengganti oli per 3 bulan (istilahnya kena calendar time). Hal ini dilakukan karena oli tersebut sudah di pergunakan untuk melumasi mesin, akan berubah sedikit menjadi bersifat asam/ acid. Asam itu apabila terkena metal dan bereaksi dapat menyebabkan korosi. Ini juga dapat merusak mesin. Oleh karena itu ganti oli anda per 3 bulan apabila kilometernya tidak mencapai 1500 km.
f. Oli apa yang sebaiknya di pakai? Kalau untuk pertanyaan ini sebaiknya anda bereferensi kepada manual dari pabrik. Jangan pernah di turunkan misalnya dari 20W50 ke 10W40 karena itu akan mempengaruhi tingkat keausan dari komponen mesin yang berputar dan bergesekan, walaupun katanya dapat memperingan tarikan (mesin jadi enteng).
g. Cara mengganti oli yang benar adalah sebagai berikut: 
- Panaskan mesin motor anda kurang lebih selama 5 menit. 
- Setelah itu drain/ buang oli lama anda. 
- Untuk memastikan oli lama sudah keluar semuanya, lakukan cranking/ putar mesin anda dengan menggunakan foot starter beberapa kali. 
- Setelah itu masukkan oli baru. 

Tips Ganti Oli : 
i. Hal yang perlu di perhatikan disini adalah pada saat kita akan membuka oli baru ada baiknya kita menggoyang-goyang kaleng oli atau botol oli tersebut (olinya di kocok2 terlebih dahulu). Karena biasanya di dalam oli itu ada lapisan tipis yang sering disebut dengan “film”. film atau lapisan tipis itu berguna sebagai pelindung mesin pada saat bergesekan. Kalau kita beli oli biasanya film yang ada di dalam oli itu pada ngumpul di bawah. Secara kasat mata film atau lapisan tipis itu tidak kelihatan. Dengan di kocok2 tadi film tersebut akan tercampur kembali dengan baik (ini saya ambil dari arahan untuk penggantian oli di pesawat terbang). Setelah itu barulah oli tersebut dimasukkan ke dalam mesin. Sebelum di start, ada baiknya pergunakan starter kaki beberapa kali untuk mensirkulasikan oli baru ke bagian2 mesin anda. Barulah setelah itu nyalakan mesin anda selama beberapa menit.

ii. Tutup oli itu sebaiknya di kencangkan hanya dengan tangan. Tidak perlu mempergunakan alat seperti tang (biasanya kalau anda bawa motor anda untuk service rutin, mekaniknya akan melakukan hal tersebut; maksudnya tutup oli dikencangkan dengan tang, coba deh perhatikan). Kenapa? Karena pengecekan kuantitas oli itu sebenarnya masuk dalam pre-start check (check yang harus anda lakukan sebelum mesin dihidupkan). Jangan pernah start mesin motor anda tanpa ada oli.



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

 

Title

About Me

My photo
My Hobby are browsing internet, learn, and listening the music's
free counters

BLOG ARTIKEL DAN HUMOR is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone