Tuesday, October 19, 2010

Tips Berkendara Dalam Hujan

Tuesday, October 19, 2010

Tips Berkendara Dalam Hujan
 
Jakarta - Saat musim penghujan seperti ini diperlukan persiapan yang baik bila mengendarai mobil.Dalam kondisi jalan basah karena hujan, jarak pengereman bisa dua kali lebih panjang dibandingkan pada kondisi kering.

Seperti diungkapkan Cooper Tire & Rubber Company Europe. Di contohkan, mobil yang melaju dengan kecepatan 80km/jam, jarak pengereman hingga berhenti membutuh jarak hingga 53 m pada kondisi kering, dan naik dua kali lipat pada kondisi basah,yaitu 106 m.

Untuk mengurangi resiko kecelakaan, berikut ini ada beberapa tips untuk berkendara dalam hujan.

1.Periksa tekanan ban, ban yang kurang angin lebih cepat aus, menyebabkan aquaplaning (ban kehilangan cengkraman karena lapisan air), dan pengendalian yang tak terduga.

2.Periksa tapak ban,ban yang aus akan menambah jarak pengereman secara signifikan.

3.Jaga kecepatan, agak dikurangi bila melewati genangan air serta jaga jarak aman dengan mobil di depan Anda.Bila kemudi mulai tidak responsif, ini pertanda mungkin anda melaju terlalu cepat untuk kondisi tapak ban saat itu,pelan-pelan turunkan kecepatan.

4.Tetap fokus saat mengemudi,usahakan jangan mengemudi sambil menerima telpon.

5.Nyalakan Lampu kecil anda, jangan hidupkan lampu emergency supaya tidak membingungkan pengendara lain.Cukup gunakan sinyal ke kanan atau ke kiri jika anda hendak berbelok atau mendahului.

6.Pastikan pembersih kaca depan berfungsi baik. curahan hujan yang deras serta kotoran yang menempel di kaca akan mengganggu penglihatan ke depan.



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

 

Title

About Me

My photo
My Hobby are browsing internet, learn, and listening the music's
free counters

BLOG ARTIKEL DAN HUMOR is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone