Tuesday, October 19, 2010

Busi Bagus, Mobil Sehat

Tuesday, October 19, 2010


Jakarta - Perangkat pemercik api alias busi, rupanya bisa digunakan untuk memeriksa kondisi mesin kendaraan. Caranya dengan memeriksa warna pada ujung elektroda busi.

Bila busi berwarna abu-abu terang atau coklat kemerahan, itu berarti mesin berada dalam kondisi fit untuk pengapian dan setting mesin.

Namun, jika ujung insulator, elektroda dan busi tertutup jelaga hitam serta sisa pembakarannya halus dan kering, sebaiknya Anda segera memeriksa mekanisme cuk, saringan udara dan kalau perlu mengganti busi. 

Kemungkinan ada yang tidak pas dengan onderdil tersebut. Kalau diabaikan maka konsumsi bahan bakar akan boros, asap berwarna hitam dan sukar distart saat mesin dingin.

Sedangkan warna ujung insulator yang kuning agak coklat muda dan kadangkala muncul warna hijau biasanya menunjukkan kemungkinan bensin atau oli yang tercemar air atau aditif yang kurang cocok. Akibatnya, mesin loyo, lamban berakselerasi, terengah-engah dan knalpot meledak-ledak.

Jadi rajin-rajinlah membersihkan dan merawat busi. Karena busi yang terawat akan mendukung mesin bekerja dengan baik. Bersihkan busi setiap 2.500 Km dan gantilah bila telah menempuh 20.000 Km. 



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

 

Title

About Me

My photo
My Hobby are browsing internet, learn, and listening the music's
free counters

BLOG ARTIKEL DAN HUMOR is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone